Sabtu, 10 September 2011

sperma dan petualangannya

pernah kepikir ga konsep pembuahan..? prasaan sih gampang-gampang aja, ternyata ga juga tuh..! bayangkan brapa banyak pasangan udah jungkir balik ampe pergi kedukun sgala.. (ga percaya ama dokter sih) hasilnya..? sama.. ga hasil juga.. hihi..

proses pertemuan

selama siklus menstruasi.. atau dalam rentang haid, sel telur akan dilepaskan oleh indung telur namanya ovulasi.. nah trus si telur ini jalan-jalan santai sampai ke tuba fallopi, bersiap menanti si pujaan hati datang menjemput, si sperma pastinya..

nah pertanyaannya.. apa proses petualangan yang dialami sperma hingga bertemu si pujaan hati yang sedang menanti..? berusaha dan tetap semangat tentu saja..!

baiklah sederhananya gini.. setelah penetrasi, ada proses.. kemudian terjadi ejakulasi (di bagian ini nih yang 17 th keatas) dan tugas si papa meng'evakuasi'kan-nya ke mama selesai, selanjutnya si 'S' beraksi dengan trik andalannya masing-masing memulai petualangan untuk bertemu sel telur buat di buahi..

serviks
yup lanjut.. pertama para sperma harus bersusah payah dan saling berebutan untuk memasuki pintu liang serviks yang sempit (ga pake acara ngantri loh) setelah itu masih tetap harus desak-desakan dalam terowongannya serviks juga.. kemudian yang pada kuat-kuat, juga masih bertenaga dan berhasil mencapai rahim, masih harus berenang-renang didalamnya, sambil mengira-ngira jalan menuju tuba fallopi.. (bingung ga tuh..?) dgn jumlah tenaga yang terbatas, dan ga ada tempat bertanya, praktis hanya ngandalin insting doang.. sampai disini jumlah para sperma udah ga begitu banyak..


nah.. bagi beberapa sperma tangguh dan beruntung yang berhasil menemukan pintu tol jalur tuba fillopa, mereka masih tetap harus berusaha dgn beringsut dan berenang.. ga ada ojek..!
lalu.. bertemulah dia dengan sang putri.. cuman gitu aja..? tentu saja tidak..! ini baru dimulai bung.. kemudian dari beberapa sperma yang berhasil menempel pada dinding sel telur masih harus berusaha lebih gigih, agar dapat mencapai inti dari sel telur.. waduh..! dibagian sini nih banyak yg gugur kecapean  plus prustasi, tapi klo berhasil inilah yang namanya pembuahan, trus klo ada lebih dari satu sperma yang membuahi gimana..? ga masalah.. itu namanya kembar..
dalam proses drilling

ok.. terus sel telur yang telah terbuahi ini akan melakukan perjalanan singkat menuju rahim, dan mencari posisi aman di endometrium buat berevolusi slama kurang lebih sembilan bulan, agar memperoleh bentuk yang disesuaikan sesuai dengan gen..

catatan.. sperma yang baik itu yang gimana sih..?  
yang usianya ga terlalu tua dan ga terlalu muda.. (bukan usia si pemilik loh..!)





setelah sekian perjuangan mereka.. apakah memang harus berakhir di tempat sampah..?
mereka adalah sesungguhnya tidak berbeda dengan kita sebelum ini.. kita adalah mereka awalnya..