Minggu, 04 September 2011

daun sirih dan manfaatnya

       tanaman asli indonesia ini (katanya loh..tp sebenarnya banyak varian sirih tersebar diwilayah iklim tropis dari madagaskar ampe indiapun ada) memang ga bisa dijadikan sayur bening,sayur santan atau tumisan..tapi jangan kawatir, karna ada banyak manfaat lainnya walau ga enak klo di sayur..klo mau sih terserah aja..


sirih udah dikenal lama oleh para moyang kita trutama yang doyan ngemil (jaman dulu cemilan blun beragam seperti skarang)
jd mereka dgn kreatifitas alaminya berkreasi dgn apa aja yg ada di sekitarnya..kapur campur pinang pakein daun sirih dan..wuih ternyata ketagihan..itulah salah satu ketergantungan yg kelak jd genetik buat anak cucu skarang..pada doyan narkoba..? hweh..?



apasih kandungan yg ada pada sirih..?


nah ini dia..ada seskuiterpen,betlephenol,pati,diatase,seskuiterpen,gula,zat lemak,kavikol..dst..dsb..
yang dapat dimanfaatkan utk mematikan kuman, dia juga antioksidasi dan fungisida, menghilangkan bau badan karna bakteri dan jamur, juga buat meringankan gangguan pencernaan karna bersifat bersifat mengerutkan, menghentikan pendarahan dan menyembuhkan luka..


mau tau manfaat daun sirih sacara umum..?


ini nih..batuk,sakit gigi karna berlubang,sariawan,radang tenggorokan,jerawat,eksim,luka bakar,pendarahan gusi,membersihkan mata,meringankan mimisan,mengurangi produksi ASI yg berlebih dsb..
dan..bagus juga buat kewanitaan loh..! hehe..




kembali ke alam..mari gunakan obat-obatan dgn bijak..dan belajarlah untuk hidup lebih sehat