Sabtu, 10 September 2011

Hägar the Horrible


hi.. dah pada kenal..? pertama kenal ama nih tokoh komik swaktu buka-buka koran luar negri.. cieh.. bahasa inggris nih.. mau ga mau koran lokal ga ada pada saat itu.. untung aja di hp ada tukang terjemahnya.. yup jadi ga sengaja disamping isian sudoku ada nih komik pendek harian.. itulah awal perkenalan.. btw nih tokoh pernah koq di nongol tempo ternyata dulu, tapinya ga tau deh klo skarang.. dah jarang megang koran/majalah.. klo ga korupsi ya kriminal isinya, majalah wanita..? sama aja klo bukan tips cantik ama diet pasti tentang artis lebay.

nah.. Hägar the Horrible nih.. dia adalah sosok tokoh utama dalam kartun sepenggalan ini, digambarkan sebagai pria tambun dgan wajah sangar, lugu, berani sebagai sosok pejuang dan kekanakan yang jarang mandi, punya pengikut setia namanya lucky eddie.. 


Hägar the Horrible dikisahkan sebagai pimpinan kapal viking, tapi nih cerita ga melulu diatas kapal, banyak juga mengangkat penggalan kisah seputar rumah tangga antara suami istri dan anak, btw dilatari oleh suasana khas norwegia abad pertengahan yang masih sering perang dgn inggris dan prancis..

di luar dari kesibukannya berperang Hägar juga adalah kepala rumah tangga yang penyayang. punya seorang istri yang juga gemuk helga namanya, sosok istri yang gemar memerintah tipe seorang ibu beraliran klasik gitulah, yang gemar mengomel hanya karna anggota keluarga lupa cuci tangan atau cuci kaki 


beberapa tokoh pembantu yang kadang sering muncul dalam kisah Hägar the Horrible..
hamlet; nih anak bungsunya pasangan Hägar-helga, ga pernah bercita-cita menjadi seorang viking, ga seneng brantem,pinter, lebih banyak menghabiskan waktu dgn membaca dan  bercita-cita kelak ingin menjadi dokter gigi
honi; anak gadisnya Hägar dan seorang pejuang viking 
lute, hernia, snert, kvack dan beberapa tokoh pendukung lainnya yang semuanya sama.. konyol..!
kisah Hägar the Horrible ini banyak dimuat oleh koran/majalah dunia, diantaranya; turkey, brazi, indonesia (tempo), argentina, belgia, denmark, mexico, prancis, colombia, croasia, finlandia, jerman, dll..


ok..dan Hägar the Horrible by 'dik/chris browne' memiliki nama berbeda ditiap negara, disesuaikan dgn kecocokan negara setempat, tapi tetap ga jauh-jauh dari kata  Hägar the Horrible






      


karikatur/komik adalah hal yang sepele dalam pandangan banyak orang.. tapi tau ga..? dalam penggarapannya membutuhkan ide dan keseriusan yang sama skali ga sepele dan mudah..
banyak hal yang kita bisa dapat dari sepenggalan komik atau karikatur.. yah minimal senyum dan tampak sedikit konyol.