Rabu, 07 September 2011

anggar

       wehh..anggar nih.. apaan ya.. liat aja dari modelnya, ini jenis beladiri pedang..(bukan dari jepang loh) tapi dari eropa..gimana caranya..? gampang tusuk aja klo masuk dapet nilai deh..yee..klo gitu anak kecil jg tau..!
ok..! anggar adalah jenis beladiri yang mengutamakan tusukan serta sabetan untuk menangkis dan kecepatan gerakan.. kemudian menjadi seni budaya beladiri yang akhirnya ikut dipertandingkan dalam olimpiade.

nih yang serius tp udah pake aturan

perjalanannya cukup panjang hingga pada akhirnya memiliki peraturan tersendiri dalam pertarungan jenis ini (sebelum jadi permainan olah raga loh) jd awalnya ini pertandingan duel serius dan sungguhan..klo blun ada yang mati blun berenti.. ckckck.. itu dulu, skarang cuman dijadiin salah satu cabang dalam olah raga doang..! tp ga dilarang koq klo mo seriusan, asal ga ketauan polisi aja..

nah truss..gimana dong anggar yang buat olah raga..?
ada tiga kategori pembagiannya..itu berdasarkan jenis pedang yang digunakan dalam olah raga ini, dan..dari ketiganya di bagi lagi dalam nomor yang di pertandingkan..perorangan dan tim
jenis pedangnya..?
floret; bentuknya langsing,ringan dan lentur dan ujungnya datar membulat nama klsnya (foil)
sabel; ini bentuknya segitiga tapi sidutnya halus ga tajam pipih pada bagian  keujung..dan ujungnya dilipat biar ga runcing nama klsnya (sabre)
degen; bentuknya segitiga juga tapi lebih tebal pada bagian pangkalnya dan berparit nah klo yang ini agak kaku dan lebih berat ujungnya datar membulat nama klsnya (epee)

dan anggar sebenarnya telah dipertandingkan juga pada masa proses evolusi blun terjadi di eropa loh ternyata..

nih anggar sebelum orang-orang eropa berepolusi


yang jaman moderen

jaman emansipasi wanita
setelah dipadu dgn ilmu tai-chi

ditangan yang tepat segala sesuatu bisa bermanfaat..