Selasa, 20 September 2011

gravitasi

dipindahkan dari laman kolom 'renungan'




malam lagi baring di ranjang sbelum tidur gw merhatiin cecak didinding, tapi ga teringat sama skali tentang lagu cicak-cicak didinding. yang keingat justru spiderman. 
lagi asik liat sambil melamun terjadi hal yang ga diinginkan ama tuh cecak.. dia jatuh.. pleck!! kurang lebih gitu bunyinya..
yang terjadi kemudian.. dia menggeliat dengan cepat sembari celingak-celinguk kiri-kanan, jalan bentar di lantai kemudian berenti lagi buat sekedar teriak ck..ck..ck.. lalu kembali merayap kedinding menuju belakang figura foto dan menghilang.


weh.. luar biasa.. barusan buka internet ngeliat orang loncat dari gedung, tapi hasilnya beda jauh ama cecak loncat dari dinding.. tuh orang patah-patah tulangnya, luka terbuka dibagian kepala, lehernya patah, tulang pahanya juga termasuk tulang pinggangnya.. pokoknya ngeri!! beda jauh keadaannya dibanding si cecak yang kesannya lucu.. 


kemudian gw mikir.. seandainya dibuat perbandingan ukuran, panjang tuh cecak kurang lebih 7 Cm tanpa ekor, trus jatuh dari ketinggian 2 setengah meteran lebih. brarti perkiraannya lebih tinggi dari gedung tingkat 10-anlah klo buat kita.. tinggi.. klo buat manusia dari tingkat 5-an aja udah ga jelas nasibnya.


sampe disini gw mikir pasti faktor teori newton yang bertanggung jawab nih..! ..buat ngejelasin..
gw copas aja dari 'wikipedia' tentang teorinya.

Hukum gravitasi universal Newton dirumuskan sebagai berikut:
Setiap massa titik menarik semua massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut.
Good Job!
F = G \frac{m_1 m_2}{r^2} = m_1 g
F adalah besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut
G adalah konstanta gravitasi
m1 adalah besar massa titik pertama
m2 adalah besar massa titik kedua
r adalah jarak antara kedua massa titik, dan
g adalah percepatan gravitasi = G \frac{m_2}{r^2}
Dalam sistem InternasionalF diukur dalam newton (N), m1 dan m2 dalam kilograms (kg), r dalam meter (m), dsn konstanta G kira-kira sama dengan 6,67 × 10−11 N m2 kg−2.
Dari persamaan ini dapat diturunkan persamaan untuk menghitung Berat. Berat suatu benda adalah hasil kali massa benda tersebut denganpercepatan gravitasi bumi. Persamaan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut: W = mgW adalah gaya berat benda tersebut, m adalah massa dan g adalah percepatan gravitasi.
sir isaac newton

jadi intinya berat jenis yang mempengaruhi gaya tarik antara garavitasi bumi dan si cecak, makanya dia adem ayem aja.. sampe sini juga gw jadi tau knapa cecak selektif dalam memilih makanan dan tentang jam makan, mungkin smua itu untuk menghindari berat berlebih dan obesitas, karena masalah berat tubuh bakal tragis akibat buat hobby panjat-memanjatnya.


ok.. sampe sini terpecahkan secara gravitasi masalah cecak yang it's okey dengan masalah jatuhnya.. tapi gw mikir lagi, seandainya gw berhasil menciptakan alat sejenis senter kecil dengan cahaya biru misalnya, tuh alat mengeluarkan partikel cahaya yang dapat menciutkan benda tanpa merusak meterinya sama skali, hehe.. luar biasa..!! kemungkinan besar gw pergi ke 'showroom'nya moge.. gw kantongin 2 biji pulangnya.
kembali ke senter cahaya biru.. gw pake nih senter buat ngecilin salah satu orang DPR sama persis dengan ukuran sicecak termasuk beratnya juga, lalu gw jatuhin dari tempat sicecak jatuh, sadis..!


sederhana aja.. dimulai dengan teriakan aaagghhhhh.... yang panjang, kemungkinan suara berikutnya.. plack!! slanjutnya 'aduh' (ini baru mungkin loh) btw aduh ini asli bahasa indonesia loh.. gw ga pernah dengar selain orang indonesia yang gunakan nih bahasa, kecuali si malaysia aja mungkin, itu juga karna faktor serumpun ama orang sumatera. 
0k..! sampai disini ada pertanyaan yang ga bisa gw jawab, tentang apa yang terjadi kemudian.. apakah si anggota dewan akan bertingkah seperti sicecak..?
dia menggeliat dengan cepat sembari celingak-celinguk kiri-kanan, jalan bentar di lantai kemudian berenti lagi buat sekedar teriak ck..ck..ck..?