Sabtu, 17 September 2011

kecoak vs topeng

dipindahkan dari laman kolom 'renungan'


beberapa waktu lalu sepulang dari warung dekat perumahan ga sengaja liat kecoak, dia jalan melintas keluar dari tempat sampah, sepertinya.. niatnya pingin nyebrang jalan gw yakin.. ga tau kenapa pada saat itu insting membunuh yang slama ini terpendam muncul begitu aja, weh..! naas buat sibung kecoak..


lalu.. gw lanjut perjalanan yang udah ga jauh lagi, mungkin tinggal sekitar lima belasan rumah lagi dah nyampe rumah.. tapi anehnya nih kecoak spertinya ganggu pikiran bener, seperti ada sesal saat itu dan sampai saat ini juga.. aneh ga tuh..? gini.. setelah pembantaian singkat itu gw sempat ngelirik tuh kecoak di TKP, sambil dalam hati 'mati loe', tapi jadi mikir.. sekiranya ga gw bunuh tuh kecoak pasti masih jalan-jalan sperti gw saat itu, dan dia bebas aja nongkrong atau berbisnis ala kecoak di tempat sampah misalnya..? mungkin aja.. karna kecoak ga pernah tau apa yang kita pikir dan sebaliknya kita jg ga pernah tau mereka mikir apa ga.


nah semalam gw ga bisa tidur.. trus kejadian yang melanggar HAK (Hak Asasi Kecoak) itu membayang lagi.. termasuk kejadian lain setipe dengan itu.. bahkan lebih sadis dan kadang lucu..? memang manusia ini keterlaluan, manusia..? ya.. gw atau termasuk siapa aja yang pernah ngelakuin hal ini.. bunuh kecoak..? bukan.. yang bentar ini gw mo cerita..


gw punya temen.. kesel ama tikus yang mundar mandir melulu.. sebenarnya apa bedanya sih sama manusia..? sorry bukan dari sudut pandang agama nih ya.. kita sama-sama hidup loh..! masing-masing punya urusan sendiri.. kebayang ga tikus juga kesel ngeliatin kita mundar mandir dan lalu lalang tapi mereka nyantai aja, lu elu gw gw. kembali ketemen gw.. dia tangkep tuh tikus, terus ekornya dipotong biar mirip hamster katanya.. sehabis proses mutilasi tersebut tikusnya dilepas lagi dan langsung kebur seradak-seruduk.. anehnya gw ga pernah lagi ngeliat tuh tikus.. kasian dia malu mungkin.. tapi itu baru satu kejadian, gimana dengan lalat yang kita copotin sayapnya..? terus dilepasin biar ga bisa ngebut-ngebutan sambil terbang.. dan hal yang sama menimpa nyamuk, belalang atau apa aja dan itu pernah kita lakukan karna iseng plus jengkel.


dalam agama.. yee.. agama nih.. gw ga tau dalam pandangan agama lain.. gw Muslim, sebatas yang gw tau beberapa binatang yang boleh kita bunuh begitu saja diantaranya si hamster tadi.. nyamuk, lalat, hama dan hewan yang mengancam keselamatan kita.. termasuk ayam tetangga,nah..! ayam tetangga nih.. klo kita merasa terancam juga dengan keberadaannya yang mendekati kita kenapa tidak..? potong.. tapi jangan sampe ada yang liat ya.. 
yup.. tapi yang jelas memperlakukan binatang, serangga dan lainnya dengan tidak senonoh dan tanpa alasan yang jelas pasti kelak ada pertanggung jawabannya (ga berlaku buat pembaca atheis?), karna mereka hidup dan mereka punya tugas serta kewajiban juga didunia ini sama dengan kita.. 


coba lihatlah kehidupan mereka sekali waktu.. para semut atau dan lainnya.. atau cari tau tentang kehidupan binatang favoritmu.. ok kecoak..! ih jijik.. hehe.. ga juga saat kita kesampingkan rumor dan gosip yang beredar tentang dia.. klo ga salah dia hewan tangguh yang masih tetap dapat bergerak-gerak meski tanpa kepala untuk beberapa hari, memiliki tubuh mengkilap, bisa terbang, dan warnanya mengingatkan kita akan tekstur cantik perabot antik.. atau mungkin sewarna dengan teh manis dipagi hari..? terserah bagaimanapun dia itu hidup.. sama dengan kita.. dan mahluk lainnya.


baiklah.. kadang atau sering..? tanpa sadar kita telah mencari kesenangan dengan mengorbankan pihak lain, seperti mempermalukan teman, mengolok-olok guru dari belakang dengan harapan temen lain pada ketawa (hanya karna itu? kasihan skali), hei..mereka itu orang tua punya anak juga.. gimana klo orang tua kita yang diperlakukan seperti itu..? menganiaya binatang..? seekor burung punya anak disarangnya loh.. bagaimana klo dia ga bisa pulang..? bagaimana dgn anaknya..? swaktu gw kecil dl pernah baca di majalah bobo atau ananda tentang kisah ini.. sayangnya dah lama, ga bgitu ingat ceritanya gimana, tapi tentang burung yang di ketapel lalu mati di sarangnya tapi masih sempat memberi kehangatan terakhir pada anak-anaknya untuk semalam.. sumpah!! klo ga salah gw nangis baca nih cerita.. (jadi malu gw)


sayangi dirimu, sayangi sgala sesuatu disekelilingmu.. smoga seisi dunia dan sang pemilik bumi slalu menyayangimu juga..
satu lagi.. dan smoga kita bisa menggunakan bakat membunuh masing-masing dengan lebih bijak