Jumat, 09 September 2011

sekilas eiji yoshikawa

eiji yoshikawa lahir pada tahun 1892 di kanagawa, jepang. keadaan keluarga memaksa ia keluar dari sekolah dan mencari pekerjaan pada usia belasan tahun, masa remajanya dihabiskan dengan bekerja serabutan, dan waktu-waktu luangnya yang sedikit itu dihabiskan dengan membaca dan mencoba menulis haiku serta cerita.

pada tahun 1910 ia pergi ke tokyo, berniat bekerja sambil sekolah. setelah menjadi juara dalam lomba mengarang, dan pergaulannya yang semakin luas dalam dunia sastra membuat ia semakin banyak mendapat perhatian. pada tahun 1922 ia menjadi staf di sebuah surat kabar tokyo disana novelnya dijadikan cerita bersambung. 

pada tahun 1923 setelah peristiwa gempa bumi besar, ia memutuskan menjadi pengarang propesional. pada dekade-dekade selanjutnya, sejumlah penerbit besar lambat laun menetapkan yoshikawa sebagai novelis sejarah terkemuka di jepang melalui karya-karyanya antara lain
shinran (1934), miyamoto musashi (1935), shinsho taitoki (1937), dan shin heike nomogatari (1950)
pada tahun 1960 yosikawa mendapatkan tanda jasa kebudayaan yang bergengsi, disusul oleh mainichi art award pada tahun 1962 
eiji yoshikawa meninggal karena kangker pada tahun 1962 (..cukilan buku..)




haiku- (俳句?) adalah sejenis puisi Jepang, revisi akhir abad ke-19 oleh Masaoka Shiki dari jenis puisi hokku (発句?) yang lebih tua. Hokku tradisional terdiri dari 5, 7, dan 5 morae.(http://id.wikipedia.org/wiki/Haiku)