Senin, 12 September 2011

tahu, mengerti dan paham


dipindahkan dari laman kolom 'renungan'

dikeseharian sering kita dengar atau biasa juga kita berucap;  yoi gw 'paham' deh.. atau 'ngerti' gw bro atau juga 'tau' deh gw..
sebenarnya bukan hal yang menarik seandainya sambil lalu saja didengar, tapi kemudian dalam penggunaannya dikeseharian menjadi menarik karena memiliki dampak dalam konteks pembicaraan yang bersifat memperjelas maksut,  wadoh..! saya ga punya kamus besar bahasa indonesia nih, jadi gimana ngejelasinnya..?

ada sebuah kata bijak dari anonim, sederhana tapi menarik..  jangan pernah mengatakan yang kau ketahui, tapi ucapkanlah yang kau mengerti dan sampaikanlah apa yang kau pahami

sederhana tapi sangat berdampak psikologis dan memunculkan pertanyaan, apa sih sebenarnya tahu itu dalam konteks pengetahuan yg kita miliki, atau paling tidak bisa sedikit membuat kita tertahan dalam berucap, sambil mikir-mikir apa saya sudah cukup bijak dalam mengucapkan kata-kata? atau slama ini  ngobrolin banyak hal tapi notabenenya ga ngerti apalagi paham? nah loh..! gosip tuh berevolusinya jadi fitnah.

ada sebuah cerita.. seorang bocah, A namanya  lagi ngobrol ama temennya si B sambil makan pisang goreng, si A lagi nyeritain kronologis tabrakan sepeda antara si C dan si D kemarin sore, ceritanya semangat banget ampe liurnya nyembur kemana-mana sambil sesekali ngorek upil dan anehnya si B ikutan ngupil juga.

ok. ceritanya selesai sampe situ aja, anak-anak klo ngobrol ga pernah lama sih, becandanya doang yang lama, jadi dari cerita tadi  si A adalah anak yang mengerti dengan apa yang dia katakan, dan si B mengetahui dari yang dia dengar, lalu si C dan D..? sama-sama lagi ngobatin luka dirumah masing-masing (kasian masih pake acara diomelin lagi ama maknya)

lanjut.. si C dan D adalah dua orang yang juga tau dan mengerti dengan apa yang terjadi, tapi dari sudut pandang masing-masing tentang kejadian tadi..
esoknya nih anak-anak pada ngumpul bareng sambil nyeritain kejadian kemarin.. si C memulai cerita tentang rem sepedanya yang putus dan lagi buru-buru kewarung beli kopi buat papanya.. dan si D nimpalin dengan cerita klo rantai sepedanya pada saat itu lepas, matanya konsen kearah bawah sepeda dan ga ngeliat kalau si C baru aja keluar dari tikungan lorong kecil, kemudian si A ikutan ngomong tentang kronologis kejadian dari yang ia lihat dengan jelas, gimana dengan si B..? tetep sama aja.. nyimak cerita sambil ga lupa nerusin kebiasaan si A.. ngupil.. 
   
lalu setelah mengakhiri cerita tragis tadi dan ga lupa sambil memamerkan luka-lukanya, nih anak-anak pada pulang kerumah masing-masing dengan membawa sebuah pemahaman sebagai perenungan ala anak-anak.. masing-masing sama pemahaman yang didapat paling tidak ga jauh-jauh beda, rem.. rantai.. luka.. terburu-buru.. ganti perban.. ga bisa main bola dulu.. enaknya ngupil sambil dengerin cerita.. dan sedikitnya mereka telah belajar menarik hikmah dari kejadian tersebut.. dari ga tau menjadi tau, terus mengerti lalu menjadi paham dan kemudian mengambil hikmahnya..

sederhana memang tentang ketiga hal ini.. dan mungkin ga penting-penting amat, akan tetapi dari kebiasaan kita sehari-hari yang slalu bercerita segala sesuatu dengan sangat meyakinkan luar biasa dan bergebu-gebu..? fuck.. tapi sayang ternyata kita hanya tahu.. apakah tidak terlihat sebagai sikonyol..? oleh lawan bicara kita..? entah itu pacar.. istri.. dan siapa saja.

bijak dengan kata-kata.. ga ada yang salah tentang ungkapan mulutmu harimaumu..