Jumat, 15 April 2011

bakteri dan virus


pernah ga sih nyari tau atau memang udah tau beda bakteri ama virus..? yang pasti bakteri bukan virus dan begitu juga sebaliknya. dua nama ini dah ga asing lagi deh ama telinga kita, dan mungkin juga keduanya ada di telinga kita lagi ngopi bareng sambil ngegosip sembari curhat-cuhatan..

secara garis luarnya atau gampangnya kita bisa bilang 'klo virus itu ya..seperti sewaktu kita flu gitu deh..penyebabnya-kan virus?  nah klo bakteri..?  'yah seperti yang ada dilambung gitulah atau yang bikin kita diare gitu deh..' hehe..spertinya ini bukan sebuah jawaban yang mengindikasikan klo kita tau.

bakteri

sebenarnya bakteri ama politikus dan anggota dewan kita ga jauh beda brengseknya,tapi paling tidak tetap ada beberapa yg kita butuhkan, dan kenyataannya kita ga bisa hidup tanpa bakteri, itu juga mungkin kenapa politikus brengsek tetap dibutuhkan utk tetap eksis di indonesia tercinta, merdeka!

baiklah.. jadi bakteri ini sangat membantu dalam proses pencernaan makanan dan mereka menambah nutrisi pada makanan yang kita pilih bahkan sebelum dimakan, dan bakteri juga membantu mengusir bakteri jahat.
di perusahaan farmasi juga dipelihara dan dilatih (hehe..seprti sirkus gitu) untuk membuat banyak zat. ya.. kurang lebih seperti bir,obat-abatan yang bermanfaat dan termasuk hormon pertumbuhan.


sama seperti sereal (hati-hati mengkonsumsi sereal ya.. ga semua jenis sereal yang dipasaran layak konsumsi) bakteri yang baik sama banyaknya dengan bakteri yang jelek, bakteri merupakan organisme ber sel tunggal bukan dari jenis tumbuhan atau binatang mungkin seperti alien gitu deh..mereka sebenarnya sangat 'prasejarah' dan tentunya sangat sederhana bahkan ga punya nukleus (kira-kira otak klo untuk di sel kita) blum dpt dipastikan apakah mereka berpikir jg atau enggak..
      

ukuran bakteri klo dimasukin kedalam tabung ukuran satu mililiter atau anggaplah setebal duit logam, itu kira-kira jumlahnya ada seribuan..kecil memang.. dan bakteri ini bisa mengembangbiakkan diri sendiri seperti kloning gitu, nah faktor penyebab infeksi itu sebenarnya karna proses ini, hasilnya sperti jerawat atau sakit tenggorokan dan baru pada saat seperti inilah antibiotik dibutuhkan (diagnosis yang cepat dan tepat diperlukan untuk menentukan apakah infeksi disebabkan bakteri atau virus) yup! pada bidang inilah dokter lebih paham di banding dukun yang notabene-nya cabul

kegiatan seksual juga bisa menjadi penyebab menularnya baktri, chlamydia (bisa menyebabkan kemandulan) salah satu bakteri paling umum yg berhubungan dgn esek-esek, anehnya dia ga punya gejala mencakup hingga 75% pengidapnya, weleh-weleh..
satu hal yang hrs diketahui bahwa infeksi bakteri yg di biarkan tidak diobati atau diobati tapi ga tuntas dan walau keberadaannya tanpa di sertai gejala dpt menyebabkan radang kronis..karna tubuh  akan meresponnya dgn agresif, hati-hati loh bisa meningkatkan penuaan arteri dan sistem imun.
dan lalu setelah itu mulai menurunkan sistem imunitas dalam tubuh, kemudian mulai merusak organ tubuh, salah satunya abses pada amandel, pernapasan dan yg terkait adalah kerusakan permanen pada jantung dan ginjal

virus

biasanya banyak orang membedakan bakteri dan virus dari cara pengobatannya "bakteri merespon antibiotik sedangkan virus tidak" tapi ga semuanya benar..virus AIDS ternyata dpt di hambat dgn banyak obat-obatan antiviral.


tapi ada hal-hal spesifik yang membedakan mereka termasuk fungsi tentunya, kecuali ukuran mereka yang sama samarnya..eh..! jangan dulu..  ternyata sivirus ukurannya ratusan kali lebih kecil gank!..wuih..! dan jauh lebih sederhana dari sel sampai-sampai ga bisa mengembang biakkan diri sendiri..aneh.. tapi jangan khawatir,itulah sebabnya mereka membutuhkan sel mahluk lain untuk berkembangbiak sehingga mereka bisa meneruskan keturunan.

jadi.. prosesnya si virus akan menyerbu sebuah sel dan kemudian membajaknya, bisa di bilang mengambil kode genetiknya dan ketika sivirus mulai menggunakan replikasi sel yang bagus dia akan membuat jutaan kopi dan mulai mengirim  keseluruh aliran darah..sistem kerjanya mirip-mirip virus komputer deh. nah jadi brabe kan..? tapi jangan terlalu khawatir selama kita masih terus menjaga kesehatan dan memilih makanan yang layak telan, maka imunitas tubuh tentu secara otomatis akan menjaga kita, dan jangan lupa berdo'a..

satu lagi.. biasanya virus  akan tetap diam dalam sistem tubuh dan menunggu kondisi melemah lalu mereka akan ber-insiden ria lagi pada saat tersebut. dasar!!
virus HIV

btw virus ini ada kelemahannya ga ya..?

virus apapun itu yang diketahui membutuhkan sarana transportasi untuk bisa menyusup kedalam sel, dia membutuhkan pengangkut kimiawi untuk membawanya ketujuan.
nah..terapi terbaru untuk virus difokuskan pada pemblokiran pengangkut sehingga virus ga bisa masuk kedalam sel, inilah alasan magic johnson bisa hidup lama dgn virus HIV dan tidak berlanjut menjadi AIDS, hal ini disebabkan sejak lahir dia kehilangan salah satu reseptor, yang sekiranya normal dapat membantu virus menyusup ke dalam sel.

sayangilah dirimu..karena darinya kita mendapatkan kenyamanan menjalani hidup yang kadang ga nyaman karna keadaan..

virus influenza


cakep ya..? tapi jahat..!